Powered By Blogger

Kamis, 24 Oktober 2013

Jenis-jenis E-Commerce



1.       Online Direct Marketing

Bisa diartikan bahwa pemasaran melalui promosi disampaikan langsung ke calon konsumen. Sehingga website yang dipakai adalah milik pribadi dan konsumen langsung melakukan kontak kepada programmer/produsen. Contoh website ini sebagai berikut,


Dari produk yang ditawarkan, konsumen dapat langsung melakukan kontak kepada produsen dengan alamat atau nomor telepon yang tercantum pada website.

2.       Electronic Tendering System

Adalah proses melakukan seluruh siklus tender online yang termasuk ini seperti penyerahan penawaran harga sehingga efisiensi, ekonomis dan keceepatan internet dapat dimanfaatkan. System ini dapat dijumapi pada website seperti dibawah ini.

Disini dapat dimengerti bahwa produsen cukup memenfaatkan website yang ada. Yakni memanfaatkan fasilitas dari website itu sendiri untuk memasng iklan dengan menjadi member dari website.


3.       Name Your own Price

Sistem ini dimana pembeli menentukan harga dan produk dan / atau jasa, dan meminta penjual untuk mencocokkan kombinasi tersebut. Name your own price  adalah tipe khusus dari pelelangan terbalik awalnya dirintis di Internet dengan Priceline.com.



4.       Find The Best Price

Pada saat kita berbelanja apakah anda telah mendapatkan harga terbaik?

Maskapai telah lama menggunakan sesuatu yang disebut permintaan harga dinamis ( alias manajemen yield) untuk menentukan harga kursi pada penerbangan . Analisis sejarah penjualan , pola perilaku pembeli , tingkat pemesanan , dan bahkan tingkat pengangguran , antara faktor-faktor lain , mengontrol harga per kursi . Tidak ada dua kursi yang dijual untuk harga yang sama.

5.       Affiliate Marketing

Afiliasi pemasaran adalah jenis pemasaran berbasis kinerja dimana imbalan bisnis untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran afiliasi sendiri. Industri ini memiliki empat pemain inti:

Ø  pedagang (juga dikenal sebagai 'pengecer' atau 'merek'),

Ø   jaringan (yang berisi penawaran untuk afiliasi untuk memilih dan juga menangani pembayaran),

Ø  penerbit (juga dikenal sebagai 'afiliasi '), dan

Ø  pelanggan. Pasar telah tumbuh dalam kompleksitas, sehingga munculnya tingkat sekunder pemain, termasuk lembaga manajemen afiliasi, super-afiliasi dan khusus vendor pihak ketiga.



6.       Viral marketing

Viral marketing , iklan virus , atau pemasaran buzz adalah istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk ) melalui proses virus mereplikasi diri , analog dengan penyebaran virus atau virus komputer. Viral marketing dapat mengambil bentuk klip video , game interaktif Flash , advergames , ebooks , software brandable , gambar , pesan teks , pesan email , atau halaman web.

7.       Group Purchasing

Di Amerika Serikat , sebuah organisasi pembelian kelompok ( GPO ) adalah sebuah entitas yang diciptakan untuk meningkatkan daya beli kelompok usaha untuk mendapatkan diskon dari vendor berdasarkan daya beli kolektif dari anggota GPO .

Banyak GPO didanai oleh biaya administrasi yang dibayarkan oleh vendor yang GPO mengawasi . Beberapa GPO didanai oleh biaya yang dibayar oleh anggota membeli. Beberapa GPO didanai oleh kombinasi kedua metode ini . Biaya ini dapat diatur sebagai persentase dari pembelian atau set sebagai flat rate tahunan . Beberapa GPO menetapkan tingkat partisipasi wajib bagi anggotanya , sementara yang lain benar-benar sukarela . Anggota berpartisipasi berdasarkan kebutuhan pembelian mereka dan tingkat kepercayaan dalam apa yang harus harga yang kompetitif dinegosiasikan oleh GPO mereka.


8.       Online auction

Adalah lelang yang diadakan melalui internet. Lelang online datang dalam berbagai format yang berbeda, tapi yang paling populer mereka naik lelang Inggris, turun lelang Belanda, harga-pertama penawaran tertutup, lelang Vickrey, atau kadang-kadang bahkan kombinasi dari beberapa lelang, mengambil unsur-unsur dari satu dan menempa mereka dengan yang lain. Ruang lingkup dan jangkauan lelang ini telah didorong oleh Internet ke tingkat di luar apa pemasok awal telah diantisipasi.

9.       Product and customization

pada daftar setiap variasi produk dan membiarkan pelanggan memilih salah satu , Anda membiarkan pelanggan membuat upgrade atau perubahan produk sebelum memesan
contoh :
tanpa kustomisasi ;
ukuran 11 sepatu coklat
ukuran 11 sepatu hitam
ukuran 10 sepatu coklat
ukuran 10 sepatu hitam
ukuran 9 sepatu coklat
ukuran 9 sepatu hitam
dll , ...

Dengan kustomisasi ;
Sepatu ( drop down box untuk memilih warna) ( drop down box untuk memilih ukuran)

Contoh terbaik dan termudah adalah contoh pertama . Ketika dell menawarkan komputer pertama mereka disesuaikan meskipun formulir online , mereka adalah perusahaan pertama yang memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah memodifikasi produk melalui situs web. Jika Anda pergi ke situs mereka ( atau PC situs manufacturors ) Anda akan melihat kustomisasi produk yang sangat kompleks . Anda memilih jenis komputer com , maka seri , maka model , maka menghasilkan konfigurasi dasar . Anda dapat memodifikasinya dengan upgrade / merendahkan setiap bagian individu, atau menambahkan garansi dan layanan instalasi , untuk memenuhi kebutuhan Anda .

10.   Electronic Marketplace and Exchange

Sebuah pasar elektronik di mana barang dan jasa yang diperdagangkan. Pertukaran ini bersifat global, beroperasi 24/7, dan menghubungkan masyarakat besar pembeli dan penjual, terutama dalam sektor B2B. Pertukaran elektronik berkisar dari lelang dari semua jenis untuk VPN. Misalnya, Jaringan Pertukaran Otomotif (ANX) diharapkan untuk menghubungkan seluruh Amerika Utara auto supply chain. Sementara "B2B" dan "pasar Web" secara luas mengacu pada transaksi antara bisnis melalui Internet, biasanya satu-ke-banyak, "pertukaran elektronik" adalah istilah yang lebih tepat, connoting banyak-ke-banyak transaksi. Sebuah jaringan komunikasi elektronik (seperti saham elektronik dan pertukaran obligasi) juga dianggap sebagai pasar Web. Titik sebenarnya di mana pembeli dan penjual berkumpul dikenal sebagai "vortex" atau butterfly hub”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar